06 Januari 2009

Suka Cemburu Buta

PERTANYAAN:
SAYA mempunyai cewek. Saya sayang betul sama dia. Tapi kenapa jika saya melihat cewek saya sama teman saya, saya langsung cemburu buta apalagi kalau cewek saya sms atau telepon teman saya. Saya langsung cemburu berat sampai-sampai saya melarang dia untuk sms atau telepon teman saya. Saya langsung marah sama cewek saya. Apa yang harus saya lakukan.

Sutrisno Wahyudi
Karang Harapan- Tarakan Barat

JAWAB:
APak Sutrisno yang Manis, Cemburu seringkali menjadi problem dalam kehidupan, setiap orang pernah mengalaminya. Cemburu dapat diartikan sebagai perasaan di-nomorduakan karena ada berpindahnya rasa kasih sayang ke orang lain atau ke suatu benda. Selama cemburu yang Anda rasakan tidak berlebihan dan memiliki alasan logis, misalnya Anda merasa cemburu karena pasangan lebih dekat dengan teman. Hal itu masih wajar. Saya selalu yakin dengan pernyataan “ada sebab ada akibat”. Telitilah dalam diri anda, apa yang membuat Anda cemburu? Perasaan tidak aman? Adakah pengalaman masa lalu yang menyertai Anda? Katakan dengan jujur pada pasangan bahwa Anda cemburu dan apa yang membuat Anda cemburu. Tentunya, Anda juga harus bisa mengontrol emosi tersebut hingga tidak menjadi berlebihan. Jika Anda merasa cemburu dan ingin marah, tenangkan diri Anda terlebih dahulu, ambil waktu jeda/tenang hingga anda dapat berpikir logis. Jika Anda sudah siap tanyakan sejelas mungkin pada pasangan tentang hal yang membuat Anda cemburu. Pasangan perlu bekerja sama dengan anda, komunikasikan apa yang dapat dilakukan oleh kalian berdua sehingga situasi yang memicu rasa cemburu dapat dihindari.(kpnn)

2 komentar:

  1. Buat Mas Iqbal
    cemburu terus napa?
    heeeeheee
    lupa ya ama aku

    iyan_________

    BalasHapus
  2. Bener nihhh mau layanin 24 jam
    hehehehhhe. pakabar nih!!!

    BalasHapus